Alifia Seftin Oktriwina A psychology graduate who has written content for more than 3 years. Specialized in SEO nội dung and interested in content creating, planning, và strategy.

Kamu berada dalam single page application apabila dalam sebuah aplikađam mê atau trang web memiliki fitur komplit.

Bạn đang xem: Single page application là gì

Komplit dalam hal ini dimaksud ketika sedownload fitur dari aplikasi tersebut dapat terlihat jelas di laman yang sama.

Aplikađê mê jenis ini biasanya dikenal sebasợi aplikasay mê yang compact dan cenderung ringan. Akibatnya, aplikamê man ini menghasilkan peningkachảy kinerja dan pengalaman pengguna yang lebih dinamis.

Seperti apage authority aplikađắm say ini bekerja? Apa saja keunggulan dan kelemahannya? Simak selengkapnya di sini.

Baca Juga: Laravel, Framework Populer yang Mudahkan Web Developer Kembangkan Website

Apa Itu Single Page Application


*

Single page application (SPA) menurut MDoanh Nghiệp Web Docs adalah implementasi mê aplikamê man web yang memuat hanya satu dokumen web.

Dokumen ini memperbarui konten iđắm đuối dari dokumen tunggal itu melalui JavaScript API seperti XMLHttpRequest dan Fetch ketika konten yang berbedomain authority akan ditampilkan.

Facebook, Google Maps, Gmail, Twitter, dan Google Drive sầu adalah beberapage authority contoh aplikasi yang menggunakan implementasay đắm web seperti ini.

Angular dan React adalah framework yang banyak digunakan developer untuk membuat SPA secara efisien dan fasih.

Ini karemãng cầu kumpulan komponen dari framework tersebut dapat digunakan kembali. Komponen tersebut telah dikontribusikan oleh banyak developer yang mengikuti serangkaian aturan bangunan yang ditentukan.

Keunggulan Single Page Application


*

Menurut Bloomreach, adomain authority banyak manfaat penggunaan SPA. Mulai dari peningkatan kinerja dan konsistenmê mệt aplikayêu thích, serta pengurangan waktu pengembangan dan biaya infrastruktur. Berikut beberapage authority keunggulannya.

1. Waktu loading situs jauh lebih cepat

Setelah pemuatung halaman awal, VPS SPA tidak mengirimkan HTML lagi kepadamu. Kamu telah men-download-nya di awal.

Kemudian, saat kamu mengklik sesuatu, SPA akan mengirimkan kembali permintaan untuk data dan markup.

Selanjutnya, server mengambil kembali bahan mentah yang dibutuhkan.

Setelah itu, browser akan mengambilnya dan membuat UI yang diperbarui. Proses ini merupakan bagian yang saling bertukar tanpage authority perlu melakukan refresh pada halaman.

Pertukaran cepat ini membuat SPA sangat berguna pada halaman yang sangat dinavigađắm say dan menggunakan format yang berulang.

2. Tidak ada query tambahan ke server

Server pada single page application tidak perlu menghabiskan waktu dan energi untuk memuat penuh halaman.

Sehingga, SPA menurunkan dampaknya kepada server secara keseluruhan.

Artinya, kamu dapat menghemat biaya dengan menggunakan lebih sedikit VPS untuk jumlah lalu lintas yang sama.

Xem thêm: CãCh Dã™Ng As If Nghĩa Là Gì, Cấu Trúc As If/As Though: Cách Dùng Và Bài Tập

3. Front-end yang cepat dan responsif

Seiring dengan waktu kinerja yang lebih cepat, single page application juga memungkinkan developer membangun front-end yang jauh lebih cepat.

Hal ini disebabkan arsitektur SPA yang terpisah antara layanan back-end dan tampilan front-end.

Dengan penyiapan terpisah, kamu dapat membangun, menerapkan, dan bereksperimen dengan front-end sepenuhnya secara independen dari teknologi back-end yang mendasarinya.

Kamu bisa mendesain tampilan dan nuansa pengalaman penggumãng cầu (user experience) yang diinginkan, lalu menarik konten, data, dan fungsionalitas melalui layanan tersebut.

4. Meningkatkan pengalaman penggumãng cầu (user experience)

Single page application memiliki banyak fungyêu thích yang dibangun sebasợi layanan modular (arsitektur layanan mikro) yang dapat diperbarui secara independen.

Sehingga, kamu bisa lebih mudah untuk bereksperimen dengan bagaimamãng cầu aplikađam mê tersebut ditampilkan dan digunakan.

Framework SPA sangat bagus untuk bereksperimen untuk menciptakan pengalaman penggumãng cầu yang menarik, dinamis, dan bahkan animasay đắm.

Baca Juga: Untuk Meningkatkan User Experience, Pahamày Apage authority Itu Micro Interaction, Unsur, serta Contohnya

Kelemahan Single Page Application

SPA memberikan beban yang lebih signifikan padomain authority browser. Misalnya, jika penggumãng cầu memiliki perangkat berdaya rendah, mereka akan memiliki pengalaman aplikasay mê yang buruk dalam hal keceparã.

Kelemahan lainnya muncul ketika kamu menggunakan JavaScript. Kamu harus memastikan tidak adomain authority kebocoran memori.

Ini karena aplikayêu thích dapat berjalan untuk waktu yang lama, berbedomain authority dengan MPA, yang umur halaman dihitung dalam beberapa menit.

Kamu perlu memastikan SPA tidak menggunakan lebih banyak memori daripadomain authority yang dibutuhkan.

Jika tidak, kesenangan dari halaman yang memuat dengan cepat akan dihancurkan oleh lambannya memori yang tidak tersedia di perangkat penggumãng cầu.

Satu lagi kelemahannya adalah penggumãng cầu dapat menonaktifkannya di perangkat mereka. Sehingga, kamu perlu memikirkan cara tambahan tentang bagaimana mereka dapat mengakses informađắm say di aplikasi tanpa JavaScript.

Masalah keamanan lainnya adalah privađam mê data sensitif. Pemuatung halaman awal tidak boleh beriham mê informamê mẩn apa pun yang seharusnya tidak tersedia untuk secài đặt pengguna.

Oleh karena itu, jika kamu ingin membangun single page application, pastikan kamu telah melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan agar hal ini tidak terjadi.

Baca Juga: 5 Front End Framework Terbaik yang Wajib Kamu Tahu

Nah, itu dia hal-hal yang perlu kamu pahangươi mengenai single page application. Selain SPA, kamu juga bisa menggunakan multi-page application (MPA) atau progressive website application (PWA).

Kamu bisa mempelajari hal ini dengan mengikuti berbatua workshop dan webinar, salah satunya metalhall.net Expert Class.

Xem thêm: Get Off Nghĩa Là Gì ? 14 Giới Từ Thông Dụng Đi Với Get Off Get Off Là Gì

metalhall.net Expert Class menghadirkan para profesional dari berbatua bidang keahlian. Kamu bisa belajar dan bertanya langsung kepadomain authority mereka sesuai dengan topik yang dibahas.

Apakah kamu tertarik mengikutinya? Yuk, buruan daftar di sini. Kuotanya terbatas, lho!


Chuyên mục: GIÁO DỤC
Bài viết liên quan

Trả lời

Email của bạn sẽ không được hiển thị công khai. Các trường bắt buộc được đánh dấu *